Eksotika Museum Tsunami Banda Aceh

Pagi semua shabat blogger.Dipagi yang dingin dan sedikit menggelitik ini, saya akan membagikan pengalaman serta foto-foto saya saat mengunjungi museum tsunami Banda Aceh. Kebtulan nih saat ini saya sedang berlibur dibanda aceh untuk mencari suasana baru.

Foto yang pertama ini adalah tampak depan dari museum tsunami,




Dari depan saja sudah tampak arsitektur yang modern dan berstandart International. Museum tsunami ini merupakan bantuan dari hampir seluruh negara-negara asing yang ada di dunia. Maka dari itu arsitektur yang tampak megah dan mempesona. Berikut ini adalah foto-foto areal sebelum pintu masuk museum ;

 Helikopter diatas adalah salah satu saksi bisu betapa derasnya terjangan ombak tsunami

 Nah, kalau back ground foto diatas merupakan areal tengah (luar ) museum , diareal ini terdapat kolam ikan yang sangat indah , serta batu-batu yang bertuliskan nam-nama negara penyumbang.


Yang diatas ini masih areal sebelum pintu masuk (samping ).


Nah, ini dia kolam yang saya katakan tadi, tampak indah dan megah, apalagi dibalut dengan arsitekture yang modern seperti itu.



ini juga masih areal samping kolam, saya sih gak tau persis ini tempat apa, tapi dari bentuknya ini seperti venue pentas seni atau perkumpulan gitu.


 Kalau yang diatas ini tampak bentuk bangunan dari areal samping menuju belakang museum, kerenkan arsitektur nya. nah tepat di bagian samping museum tsunami ini ada pemandangan yang berbeda gan, yaitu kuburan penjajah-penjajah belanda dahulu kala. ini nih pict kuburan belandanya, agak seram sih tapi menarik untuk dikunjungi karena memiliki sejarah yang cukup panjang di tanh air ini.

Nah, setelah menjelajahi bagian luar museum, sekarang kita masuk ke areal dalam nya. Tidak usah pusing memikirkan tiket masuk walaupun bawa banyak keluarga, karena harga tiket masuknya free koq gan, hanya saja harus rela ngantri sebentar kalau lagi rame pengunjung. Masalah jadwal open nya museum Tsunami, sudah mulai buka dari sekitar jam 9 pagi, dan tutup untuk istirahat sebentar pada pukul 12 siang. Kemudian museum tsunami kembali pada pukul 2 siang sampe jam 4 sore. jadi sebelum berkunjung ke museum tsunami, diingat-ingat ya jadwal bukanya supaya gak sia-sia datang kesana, hehe. 

Jika anda sudah antri da berhasil masuk , pertama kali yang akan disuguhi untuk anda adalah jalanan atau lorong yang seperti ada air terjunnya, hati-hati kalau lewat sini, karena gelap tanpa penerangan sedikitpun. Saya tidak mengambil gambar dilorong ini, karena keadaan yang begitu gelap. setelah melewati jalan air terjun kita akan menemui semacam digital photo library, yang isinya ada sekitar belasan monitor digial photo yang memperlihatkan kita tentang foto-foto sebelum dan sesudah tsunami di aceh.

Setelah melewati dua hal menarik tadi, selanjutnya akan kita jumpai suatu ruangan yang disebut dengan sumur doa, di sumur doa ini terdapat nama-nama korban tsunami aceh dengan diiringi rekaman alunan doa yang membuat kita semakin merinding saat berada ditengah ruangan ini, apalagi bila melihat ke dinding atasnya terdapat lafazh Allah. berikut ini gambar-gambarnya ;





Keluar dari sumur doa, kita lanjut kelantai 2 untuk melihat koleksi-koleksi museum tsunami ini, namun sebelumnya kita juga disuguhi jalan menuju atas yang unik juga yaitu melingkari cerobong ruangan sumur doa yang tadi kita masuki, seperti ini nih gan jalannya :



Oke, sekarang saatnya kita masuk ke ruangan pameran koleksi di museum tsunami ini, tapi sebelum itu dilar  sebelum  masuk  ke ruangan-ruangan , akan kita lihat semacam miniatus museum tsumani, dari miniatur ini kita dapa melihat beta megah dan modern nya arsitektur bangunan  museum tsunami .




 Selanjutnya diruangan pertama , etss tunggu dulu, dilantai anda akan melihat jejak-jejak kaki. mungkin bagi anda yang belum pernah ke museum tsunami ini akan menganggap bahwa itu hanya sebagai hiasan saja, tapi jangan salah, jejak kaki tersebut berfungsi sebagai petunjuk arah bagi anda yang belum pernah mengunjungi museum tsunami, jadi ikutin jejak kaki nya ya kalau gak mau tersesat.

 Nah ini dia ruangan pertama yang berisikan foto-foto dan beberapa barang-barang sebelum dan sesudah tsunami;








Diruang-ruang selanjutnya berisi tentang pengetahuan-pengetahuan alam bagaimana terjadinya gempa dan tsunami, terdapat pula ilustrasi peta wilayah aceh sebelum dan pasca tsunami, ruang percobaan keadaan gempa dan banyak hal-hal menarik lainnya yang sayang nya tidak bisa saya abadikan gambarnya. Tapi yang pasti ketika anda mengunjungi museum tsunami ini, ada banyak hal yang akan anda dapatkan. Mulai dari pengetahuan baru , sejarah, serta nilai religius dan kemanusiaan dalam diri anda. cukup sekian perjalanan saya dimuseum tsunami, see you next time....


Ghandy November

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram