Memotong / Menyeleksi Foto Menggunakan Pen Tool

Hai...hai.... ini teknik pertama yang akan saya bagikan dalam blog ini, dan ini khusus untuk newbie ya gan. Jadi buat yang udah master gak usah dibaca juga gpp,kalau ada yang kurang dikritik juga boleh gan,monggo... heheh

Langsung Aja pada artikel ini saya menggunakan foto Nadya ( MY honey ) :D sebagai bahan contoh editing nya. 

Step1.
Buka foto yang ingin di potong (di crop) , klik file >>open


















Step 2.
Pilih Pen tool untuk melakukan proses seleksi/pemotongan. Perhatikan gambar dibawah ini :
 Pen tool terletak di bagian kiri lembar kerja and yang saya lingkari itu loh. Dan yang satu lagi lingkaran merah di atas itu adalah bentuk atau tipe seleksi yang diingin kan,kita pilih yang tengah karna tipe ini adalah tipe normal atau standart untuk melakukan cropping biasa.

Step3,
Setelah memilih alat cropping nya,laksanakan lah proses sembelihnya,uppss salah,maksud saya proses pemotongan foto nya. hehhe yaitu dengan cara mengklik satu persatu atau secara perlahan membentuk tepi2 objek yang ingin di crop.Perhatikan gambar !




Disini saya mau ngecrop objek orang nya,untuk itu saya melakukan seleksi pada tepi2 tubuh orang tersebut agar terpisah dari background. Ingat,ujung titik pemotongan awal dan yang paling terakhir harus saling bertemu dan menyatu.

Step4, 
Jika garis-garis seleksi sudah di buat dan telah menyatu, masih dalam posisi menggunakan pen tool, klik kanan pada foto yang telah di seleksi kemodian pilih make selection. Perhatikan gambar !!


Step 5,
Kemudian akan muncul menu feather, masukkan aja feather nya 1 atau 2 tergantung dari seberapa rapi potongan yang kamu buat tadi dan seberapa besar resolusinya. Disini saya memasukkan nilai 2.Perhatikan gambar dan pastikan option nya sesuai dengan gambar dibawah ini.


Step 6,
Jika seudah selesai,maka garis2 seleksi akan muncul yaitu garis2 yang bergerak2 gitu.(itu jika anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar).

Step 7,
Tekan tombol CTRL + J untuk menggandakan atau mengambil objek yang telah anda seleksi tadi.


Jika berhasil , akan muncul layer baru yaitu layer baru seperti pada gambar diatas. yang saya lingkari sebelah kanan itu loh.... Kemudian tekan tombol CTRL+D untuk menghilangkan seleksi yang telah dibuat tadi. Foto pun sudah berhasil terpotong.

Step 8,
Sekarang layer 1 dapat anda tarik ke ackground lain yang anda ingin kan, atau anda bisa memasukkan background nya ke form foto yang anda potong dari background awal tadi. dengan syarat layer background baru harus berada diantara layer 1 dan layer background lama.Perhatikan gambar :




Cukup gampangkan ?? sekali lagi saya katakan bahwa tutorial ini hanya untuk newbie,jika ada kesalahan dan kekurangan dalam artikel mohon dikritik aja...
DOWNLOAD TUTORIAL PDF NYA GAN :


Photobucket





Ghandy November

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram