Mengenal Saztra Be Rise, Band Indie Asal Kota Medan

              Mungkin terdengar agak asing di telinga para pecinta musik indie kota Medan ketika mendengar nama Band Saztra Be Rise (SBR). Wajar saja, meski sudah terbentuk sejak 2006, band ini kerap kali bergonta ganti nama dan bertukar formasi. Awal pembentukannya terjadi di sebuah studio kecil di Jalan Garuda Medan pada Desember 2006. Band ini dulunya bergenre Pop dengan nama Sastra Band yang di naungi 5 orang anak SMP pada waktu itu, yaitu Dedi Syahputra ( Vocal) , Ghandi Mohammad (Gitar), Ahmad Fadhil (Gitar), Yoshi Rendy (Bass), dan Yudistira (Drum).

                                 Foto Saat masih bernama Sastra Band dinaungi 5 personil

Meski hanya dinaungi oleh anak-anak smp, namun pengalaman mereka perform pada waktu itu cukuplah banyak. Mereka seolah menjadi pemuda yang haus akan panggung, mereka mencari dimana saja tempat yang bisa mereka pakai untuk berekspresi, baik itu panggung festival, maupun komunitas musik pinggir jalan. Festival pertama yang mereka jajal saat itu di salah satu perguruan swasta di Daerah Medan Johor, meski tidak mendapat gelar juara, tetapi menjadi kebanggaan tersendiri karena mereka menghadapi siswa-siswa SMA pada waktu itu.

Setahun berlalu band ini harus kehilangan Drummernya yang saat itu terpaksa pindah ke luar kota Medan. Sang vocalis pun (Dedi) ternyata memilih untuk hengkang dari Sastra karena alasan pribadi. Tersisa Ghandi, Fadhil Dan Rendy. Karena personil yang kurang, mereka memilih untuk membubarkan sastra band. Ghandi pada tahun 2007 bergabung dengan salah satu Band cafe kota Medan ( Slayers Band) , dalam band tersebut Ghandi berposisi sebagai vocalis dan disini lah titik awal Ghandi mulai menciptakan lagu dan mengeksplorasinya ke muka umum bersama Slayers Band. Namun karena ketidak cocokan antar personilnya, Ghandi pun hengkang dari band besutannya itu.

                      Saat masih bernama Sastra Beginz dan perform di Kampus utama UMA

Tahun Sekitar akhir tahun 2007/2008, Ghandi bertemu dengan dua orang teman baru di SMK tempat ia bersekolah dan memiliki kesamaan dalam bermusik. Mereka pun membentuk sebuah band tanpa nama waktu itu, dan belum memiliki gitar Rithm dan bassist. Ghandy pun berinisiatif mengajak kawan lamanya, Fadhil dan Rendy. Menganggap band ini adalah reinkarnasi kedua dari sastra band, maka Ghandi memberi nama bad tersebut dengan Saztra Beginz yang berarti saztra telah kembali. Saztra Beginz dinaungi oleh 5 personil yaitu Wira (Vocal), Ghandy (Gitar), Fadhil (Gitar), Rendy (Bass), Ozi (Drumm) dan bergenre Rock. Band ini tidak memiliki begitu banyak jadwal perform , hanya beberapa kali mengikuti panggung festival dan pensi sekolahan maupun kampus. Tahun 2011 band ini kembali bubar karena lagi-lagi harus ditinggalkan oleh vocalist dan drummernya.

Kembali tersisa tiga pendiri band, yaitu Ghandy, fadhil, dan Rendy. Karena jenuh dan lelah akan ketidakpastian personil band yang pernah mereka bentuk, mereka pun memutuskan untuk melanjutkan perjuangan bertiga, dengan nama dan genre yang berbeda. Ini merupakan reinkarnasi ke 3 dari sastra band, dan mereka pun sepakat untuk memakai nama SAZTRA BE RISE yang berarti saztra telah bangkit. Genre yang mereka usung untuk SBR adalah Punk Meelodic Dan Rock Plur. Untuk membuktikan keseriusan dalam bermusik, satu tahun mereka jalani tanpa menjajal panggung karena mereka memfokuskan diri untuk menggarap lagu-lagu ciptaan mereka, dan Saat ini Ada sekitar 5 lagu ciptaan yang telah mereka garap yang salah satu nya bisa diunduh gratis di Reverbnation.com/saztra . Ditahun 2012 mereka kembali menampilkan diri mereka di depan umum, tentunya dimulai dari awal dengan nama yang baru, dan saat ini mereka memullai nya dengan menjadi band cafe.

                                Saztra Be Rise Saat perform di acara Acoustic nite di O'bay Coffee

Ghandy November

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram