Ketika Teman Menjadi Lawan

Ketika radikalisme mulai berbicara di setiap sudut kehidupan, dan menghantam kepolosan orang-orang muda yang belum tersentuh kemunafikan. Memaksa mereka untuk memutar balikkan fakta dan melupakan kemajemukan yang sudah menjadi landasan. Ketika itu pula lah manusia di hadapkan pada dua pilihan yang tidak bisa saling terpisahkan, yaitu hidup sebagai  Pemberontak atau sebagai seorang Penjilat.  Faktanya kedudukan yang mereka sebut tahta, jabatan, atau apapun itu, menjadi mimpi buruk bagi orang-orang yang tak berdaya dan memposisikan diri mereka pada kondisi yang dilematis.


            Terlahir di dunia yang keras, lingkungan yang keras , penuh kegelapan dan hal-hal yang tak sesuai dengan apa yang diharapkan. Ini bukan hanya permasalahan politik, atau hak-hak yang terampas,  namun juga permasalahan sosial dan senioritas yang sudah tidak lagi berdiri diatas porosnya. Mengatasnamakan kepentingan orang banyak dan pengabdian masyarakat, membawa tradisi tidak baik pada generasi penerus yang mereka anggap sebagai idealisme kedudukan.


            Tulisan ini adalah buah dari ketidak berdayaan seorang muda yang mencari titik keadilan. Banyak yang mengatakan,  jangan sesekali menentang orang-orang yang memimpin mu, meski pun ia salah. Karena kekuasaan dan tahta yang mereka miliki lebih memungkinkan dirinya untuk mempengaruhi segala hal yang ada di sekitar mu. Mereka akan mengacam posisimu, membeli loyalitas orang-orang terdekatmu dan menusuk mu secara perlahan-lahan , hingga akhirnya kau berlutut dihadapan mereka yang memiliki kekuasaan. Mereka-mereka itu tidak lebih dari sekedar binatang ternak yang mecari perhatian, tetapi jika kau terlalu dekat, maka sosoknya yang hangat akan berubah menjadi seperti singa yang lapar dan siap memangsa mu. Di negeri ini, orang-orang lemah akan terlihat semakin lemah apabila hanya terdiam menghadapi nasib, namun hidup mereka akan terancam apabila bersuara lebih kencang dari para pemimpinnya. Hanya di negeri ini lah uang bisa membeli segalanya.


            Tidak ada seorang pun yang  mengenal saya , mungkin juga anda, saat kita menentang segala keputusan yang dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai kebenaran. Dibalik layar para sahabat penuh semangat mendukung saya untuk membela hak-hak bersama, melawan orang yang berkuasa, dan mengungkapkan segala kritikan yang penuh ketidakpuasan. Tapi apa yang terjadi ketika mata para penguasa mendelik , dengan suara yang lantang, wajah dan sapaan yang dingin menghampiri , teman hanya tinggal bayangan yang tak lagi ada disamping saya, dibelakang, atau pun didepan. Mereka takut akan kekuasaan, mereka takut akan tahta, mereka takut menjadi pembela kebenaran, disaat itu lah orang-orang muda ini semakin ternodai oleh kemunafikan.


            Setelah itu para penguasa bukanlah lagi menjadi orang-orang yang dianggap salah, bukan lagi lubang kotor yang menghalangi jalan mereka. Tetapi mereka dipuja seperti dewa, dipuji layaknya orang suci dan merasa aman di dekat para penguasa itu. Dan saya dimata mereka hanyalah seorang anak kecil yang tak berdaya dan mencoba mendaki gunung yang tinggi. Bahkan para sahabat hanya bungkam seolah tidak sekalipun hak mereka pernah saya perjuangkan. Saya tidak pernah tahu apa yang ada didalam benak mereka, takut?

            Saya ingatkan kepada semua teman bermuka topeng disekeliling saya, tidak gentar sekalipun saya berjalan sendirian, meski anda bersama sang penguasa, namun kebenaran tetaplah kebenaran yang akan selalu didampingi oleh kaki tangan Tuhan. 

Ghandi Mohammad

Ghandy November

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram