Tips & Trik Menciptakan Lagu Yang bagus

Mungkin bagi  sebagian orang , belum begitu pantas saya membagikan tips dalam menciptakan lagu. Karena saya bukan artis ,atau entertainer yang sudah sukses, hehehe. Namun saya hanya ingin berbagi sedikit pengetahuan saya dan pengalaman saya di bidang musik. Sejak kelas 1 smp saya udah belajar bermusik dan melalui banyak proses, diantaranya adalah proses menciptakan sebuah karya sebagai musisi. Berikut ini adalah beberapa hal yang sering saya lakukan dalam hal menciptakan lagu.

1. Tentukan Dan Ketahui Genre Mu

Menentukan genre adalah faktor yang paling berpengaruh dalam menciptakan lagu yang bagus, karena ketika anda merasa nyaman dengan genre yang anda pilih, maka tanpa anda sadari hal itu bisa memudahkan anda dalam menentukan nada, lirik, dan aransement musik nya. Memang sih banyak yang bilang musisi yang bagus itu musisi yang bisa nyiptain lagu dengan berbagai genre, tapi menurut saya seorang musisi membutuhkan idealisme dalam bermusik yang membuat para musisi mampu mengatur sendiri jiwa kreativitas yang dimiliki.

2. Tanam kan Sikap Sabar Dan Membiasakan Diri

Mengapa hal ini penting? Banyak orang yang sebenarnya berbakat dibidang musik, tetapi tidak mampu menciptakan lagu hanya karena dirinya gagal mendapatkan nada-nada yang enak didengar. Mereka mulai tidak percaya diri ketika kegagalan tersebut selalu hadir. Tidak semua orang bisa mendapatkan lagu yang bagus dalam satu atau dua kali percobaan, kebanyakan orang mendapatkan lagu yang tidak terlalu bagus di awal-awal percobaannya , disinilah perlunya sikap sabar. Jika hari ini tidak dapat, masih ada hari esok untuk berkarya, yang terpenting adalah selalu membiasakan diri untuk menciptakan lagu dan tidak mudah menyerah. Karena tidak ada hal yang instan didunia ini.

3. Membiasakan Diri mendengar banyak Lagu


Sering-sering lah anda mendengarkan lagu-lagu orang lain, mulai dari lokal sampai internasional. Ini sangat bermanfaat untuk memberikan pengaruh dalam musik kamu, eittss tapi bukan untuk sebagai plagiat yaa. Pengaruh yang saya maksud disini yaitu sebagai acuan anda atau biasa disebut kiblat dalam bermusik. Dengan begitu anda bisa lebih mudah dalam menciptakan sebuah lagu (sekali lagi saya katakan bukan sebagai plagiat atau penjiplak yaa).

4. Bersiap Siaga Lah

Inspirasi bisa muncul dimana saja, terkadang ketika anda bersenandung (nananana, lalala) gak jelas dijalan, di kelas, di tempat kerja atau tempat lainnya, suatu saat anda akan menemukan nada yang indah . Maka persiapkan lah perlengkapan anda seperti alat perekam (pakai yang di HP jga tdk mslh) , pulpen dan kertas. Tujuannya bukan untuk memaksa anda menciptakan lagu pada saat itu juga, namun hanya mencegah agar moment bagus itu tidak hilang, ketika nada-nadanya telah anda rekam, dirumah tinggal di tambahkan lirk dan tentukan aransementnya, jadi ini akan mempermudah anda dalam menciptakan lagu. Tapi kalau sedang dijalan , coba-coba diingat aja ya, gk usah dipksain tuk direkam, ntar nabrak lagi hehehe.



5. Publikasikan Karya Mu

Teman atau orang-orang terdekat anda, bisa menjadi komentator terbaik dalam menilai karya anda. Coba dengarkan lagu anda kepada mereka, dan mintalah pendapat yang sejujur-jujurnya, pendapat-pendapat tersebut dapat anda jadikan bahan pembelajaran untuk menciptakan lgu-lagu berikutnya.

Tapi anda harus berhati-hati dalam hal ini, karena kita tau pembajakan sangat menjamur di negeri ini. Ya walaupun karya yang dihasilkan masih pas-pasan , kita harus tetap menghargai karya kita dan menjaga nya dari tangan-tangan jahil .

6. Hargai Lah Karya Orang Lain

Musik adalah karya universal dari hati dan pikiran, ketika hati anda penuh dengan keburukan, maka hal itulah yang akan keluar dalam musik anda. Banyak musisi yang tidak menghargai karya musisi lain, terkadang bagi pecinta musik underground mengatakan musik pop, melayu, dan sejenisnya merupakan lagu cengeng dan gak berbobot, begitu juga sebaliknya, terkadang pencinta musik pop mengatakan bahwa lagu-lagu underground dalah lagu-lagu setan yang tidak bisa dinikmati.

Pada dasar nya semua jenis musik memiliki tujuan yang sama, yaitu menghibur dan mempersatu kan. Jadi tidak perlu membeda-bedakannya. Jika anda sudah mampu menciptakan lagu-lagu yang bagus, keren, tetap lah rendah hati karena hal itu akan membuat anda tidak mudah puas dan tidak mengganggu proses pembuatan lagu berikutnya.



Itulah beberapa tips dan trik dari saya, mungkin masih banyak lagi tips lainnya, namun menurut saya keenam hal diatas lah yang menjadi pokok utamanya agar kita mampu menjadi musisi yang baik dan mempu menciptakan karya yang baik pula. Semoga bermanfaat buat agan-agan sekalian, mohon maaf kalau ada kekurangan, mohon tambahan dan kritik juga dari para master  . See you to  the next post :)

Ghandy November

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram