Sinabung Meraung , Sibayak Tertutup Awan Mendung




Sebelum nya saya sudah sedikit berbagi cerita tentang pengalaman saya ketika mendaki Gunung sibayak pada 9-10 November kemarin. Yang belum baca atau sekedar ingin lihat foto-fotonya bisa buka postingan saya yang sebelumnya : Hari Pahlawan Di Puncak Gunung Sibayak .

Tidak begitu jauh dari Gunung sibayak , Sinabung yang disuguhi panorama danau lau kawar dikaki gunung nya memiliki cerita dan bencana yang belum juga usai . Beberapa bulan terakhir penduduk di sekitar Gunung Sinabung tepatnya di Kabupaten Karo, masih terselimut duka karena desa mereka belum juga terbebas dari letusan gunung berapi aktif tersebut. Bahkan pada tanggal 10 November kemarin ketika saya berada di leher gunung Sibayak, Sinabung kembali meletus.

Sekitar pukul 09.00 pagi, kami dan para pendaki lainnya sedang menunggu pancaran sinar mentari yang juga belum terlihat sejak pagi. Pukul 09.00 kabut mulai menghilang dan panorama Gunung sibayak terlihat jelas oleh mata, begitu juga danau kering yang terletak disekitar leher gunung sibayak. Namun keindahan itu tidak bisa kami nikmati untuk waktu yang lama. Sinabung kembali meletus pada pagi itu, dan kami dapat melihat jelas betapa tebalnya asap dari Gunung tetangga itu, cuaca berubah dan langit pun kembali tertutup kabut. Pandangan hanya berkisar 10 meter sehingga kami tidak dapat melihat situasi skitar dengan jarak yang lebih jauh lagi.

Ada dua rasa kekecewaan saat itu, yang pertama kami harus kembali menunda untuk mendaki ke pilar utama sibayak dan melihat keindahan dari atas sana. Kekecewaan yang kedua adalah lebih kepada rasa prihatin terhadap masyarakat yang tinggal didaerah kabupaten karo yang kembali harus bersabar untuk dapat kembali pulang kekampung halaman mereka.

Semoga saja bencana ini cepat berlalu, agar para penduduk setempat bisa kembali ke desa mereka, agar para generasi bangsa di tanah karo dapat kembali belajar di sekolah, agar para anak-anak dan orang tua tidak lagi tidur dalam kondisi kedinginan, dan keindahan alam Gunung Sinabung kembali dapat dilihat dan di syukuri. Amin.

Ghandy November

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram