Seminar Proposal Jurusan Manajemen Universitas Negeri Medan

Skripsi, satu kata yang mungkin bagi sebagian mahasiswa merupakan suatu hal yang menakutkan. Namun bagi sebagian mahasiswa lainnya skripsi merupakan suatu hasil karya tulis yang bisa dijadikan sebagai ajang pembuktian potensi diri. Karena tidak hanya kepintaran, mengerjakan skripsi juga membutuhkan kemauan yang kuat dari diri anda sendiri. Lalu mengapa kali ini saya membahas mengenai skripsi? Yap, karena saya baru saja melalui nya untuk mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi .

Dimulai dari proposal penelitian, bisa disebut sebagai kerangka awal dalam penelitian, dimana peneliti merencanakan dan menentukan, topik penelitian, dimana dan kapan diadakan penelitian, teori apa yang digunakan,  bagaimana sistem penelitian yang dilakukan, metode apa yang digunakan. Di kampus saya, Universitas Negeri Medan (UNIMED) , mahasiswa yang telah duduk di semester tujuh sudah diizinkan untuk melakukan penelitian tentunya dengan jumlah sks yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan Universitas. Saya termasuk salah satu yang beruntung karena sudah memenuhi syarat untuk dapat mengerjakan skripsi. 

Pemilihan Dosen pembimbing Skripsi.
Sekitar satu bulan sebelum memasuki semester 7, mahasiswa dianjurkan untuk mengisi dan memilih daftar osen yang diinginkan sebagai pembimbing dan penguji. Tetapi menurut saya ini hanya sekedar prosedur saja, karena pada akhirnya keputusan tetap ada ditangan ketua jurusan. Dan dosen yang menjadi pembimbing saya adalah Bapak Dr. Saidun Hutasuhut, M.si . Beliau merupakan salah satu dosen senior di Fakultas Ekonomi Unimed dan salah satu dosen yang disegani oleh mahasiswa.

Saya agak pesimis bisa dengan cepat menyelesaikan penelitian saya, karena Dosen pembimbing saya juga adalah orang yang mengajar dibidang metode penelitian yang juga sempat mengajar dikelas saya, tentunya standart penelitian yang beliau berikan lebih tinggi dibanding dosen lainnya. Untuk itu saya juga harus berusaha lebih keras dibanding teman-teman lainnya . Dimulai dari penentuan judul, pertama kali saya memberikan judul, saya kekurangan dua buah referensi jurnal, sehingga judul saya belum diterima oleh Dosen pembimbing saya. Dipertemuan berikutnya satu minggu kemudian saya juga belum mendapat kan hasil, karena Beliau menambahkan variabel saya dan harus mencari referensi terlebih dahulu. Singkat cerita, dipertemuan keempatlah baru judul saya di ACC oleh Beliau. Dengan begitu persis satu bulan hanya untuk mendapatkan acc judul.

Tidak terlalu senang sih, karena beberapa teman sudah selesai mengerjakan bab 1 sementara saya baru ACC judul, tapi saya tetap semangat. Awal mengerjakan Bab 1 dan Bab 2 , hampir setiap hari saya mengerjakan ke kampus untuk mencari referensi di perpustakaan, kemudian mengerjakan nya dirumah. Karena menurut saya tidak efektif jika mengerjakan skripsi di perpus , apalagi bersama teman. Sekitar hampir dua minggu kemudian proposal saya siap sampai pada bab 2 dan saya menyerahkannya kepada Dosen pembimbing.

Karena ini adalah revisi awal, tentunya banyak sekali yang harus direvisi. Namun berkat perkataan Bapak saidun, saya menjadi lebih termotivasi, beliau mengatakan seperti ini, “Harus sigap, jangan berhenti di kamu, kalau saya kapan saja jika tidak sibuk bisa kamu temui. Secepat nya kerjain revisi kamu”. 

Kurang lebih sekitar satu bulan saya mengerjakan sampai bab 3 dengan jumlah 5 kali revisi , saya bahkan sempat harus mencari lagi teori untuk memperkuat penelitian saya. Dan akhir nya dibulan Februari saya mendaftarkan diri untuk dapat mempresentasikan proposal saya. Saat itu ada satu hal lagi yang menjadi tantangan, karena sesuai dengan keputusan dari Ibu ketua Jurusan, saya mendapat kan dosen penguji Bapak Dekan Fakultas Ekonomi Unimed. Beliau juga merupakan dosen metode penelitian, tentunya juga disegani karena beliau merupakan seorang Dekan. Awalnya sempat cemas, sedikit down karena belum pernah berhadapan langsung dengan Bapak dekan dalam mempresentasikan materi, karena beliau belum pernah mengajar dikelas saya.

Seminar Proposal
Tiba harinya, Tanggal 20 Januari 2015, tentu dengan perjuangan yang berat. Mengerjakan proposal dan mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan sebagai syarat mengajukan proposal. Mahasiswa dituntut harus jeli dengan informasi dan berpacu dengan waktu yang sangat sempit. Namun akhirnya Alhamdulillah seminar proposal saya terlewati dengan baik, meski sedikit tegang tetapi menurut audiens saya sudah menyampaikan dengan cukup jelas. Hanya ada sedikit revisi dan hal yang salah, tentunya suatu hal yang wajar bagi peneliti pemula. Sama seperti di beberapa Universitas lainnya busana mahasiswa saat seminar proposal adalah kemeja putih dan celana hitam atau rok hitam (cewek), serta memakai sepatu formal.Dan saya bersama 4 teman lainnya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu melakukan penelitian. Berikut ini foto-foto saat saya  bersama teman-teman usai melaksanakan seminar proposal:





Sekedar informasi, saat seminar waktu itu, ada beberapa point penting yang menjadi perbaikan dalam seminar proposal saya antara lain:
1. penulisan kutipan, dimana menurut salah satu dosen penguji saya harus mencantumkan halaman dan tahun sumber bacaan. tidak hanya mencantumkan tahun nya saja.

2. Latar belakang harus lebih rinci fenomenanya, misal anda membahas tentang kinerja. Jika ada permasalahan kinerja pada perusahaan, maka dijelaskan secara rinci apakah itu masalah hasil atau perilaku pegawainya.

3. Adanya penambahan teori yang mendukung  

4. Metode penelitian yang digunakan, apakah sudah sesuai dengan fenomena yang anda bahas. Untuk beberapa kasus anda harus jeli dalam memilih apakah menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda atau Uji Jalur (path).

Cukup sekian dulu ya,see you on the next post !! semoga bermanfaat  ....

Ghandy November

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram