Inilah Medan Warenhuis , Supermarket pertama Di KotaMedan

Minggu, 24/07/2016 . Hampir Genap 100 tahun sudah bangunan ini berdiri. Pembangunan dimulai pada tahun 1916, dan diresmikan oleh Walikota Medan yang pertama , Daniel Baron Mackay pada tahun 1919 . Masa itu, bangunan ini menjadi salah satu gambaran kemegahan Kota Medan. Ya,  ini lah supermarket pertama di Kota Medan. Hanya orang-orang borjuis (berduit) dan bangsa Belanda yang datang ke supermarket ini.

Seiring berjalannya waktu, Jepang datang menjajah Indonesia. Kala itu negeri ini penuh hiruk - pikuk , dan semakin tidak aman. Bahkan kolonial Belanda pun takut terhadap Jepang. Pengusah Belanda kembali ke negaranya, termasuk si empunya Warenhuis . Akhirnya gedung ini terlantar begitu saja hingga saat ini.

Pada tahun 2013 lalu, gedung ini sempat terbakar. Kini kondisi bangunannya  aungguh memprihatinkan dan kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Semoga kelak pemerintah kota Medan lebih melestarikan warisan budaya yang penuh historia seperti waren huis. Atau mungkin bisa menjadikannya Kota Tua sepeeti di Jakarta. (Medan Motovlog)

Referensi :
-Www.semedan.com
-Sindo News
-Wikipedia

Ghandy November

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan, segala kritikan dan saran akan saya terima dengan senang hati asalkan terhindar dari kata-kata yang mengandung unsur porno, sara, dan kata-kata yang tidak menyenangkan.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Instagram